Uncategorized

Ketika Keadaan Tak Sesuai Harapan

Seringkali kita dihadapkan pada keadaan yang berkebalikan dari apa yang kita inginkan. Contoh sederhananya: Saat kita yang sudah berharap tinggi dengan nilai yang memuaskan, tetapi kenyataan yang ada justru kita harus remid. Dan saat kita benar-benar ingin melupakan seseorang tetapi rasa itu tak kunjung menguap. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Apakah kita harus mengeluh terhadap keadaan? Mengeluh agar keadaan dapat berubah? Tidak demikian. Seberapa besar keluhanmu tetap tak akan mengubah keadaan. Bahkan, justru akan semakin semrawut. 

Saat ini pun, aku sedang berada di titik yang sebenarnya sangat tidak aku inginkan terjadi. Tetapi aku tidak bisa melakukan apa-apa. Aku hanya bisa terus berusaha berdoa. Mengeluh? Kata itu sedang kuhapus jauh-jauh dari kamus kehidupanku. Allah tidak menyukai orang-orang yang mengeluhkan keadaan. Yang mengeluhkan takdir-Nya. Memang sulit sekali berada pada keadaan ini. Tetapi Allah Maha Baik. Selalu mengirimkan hamba-hamba super-Nya untuk senantiasa memberiku motivasi. Allah lebih tau apa yang kita butuhkan. BUKAN apa yang kita INGINKAN.
Ya… memang sulit untuk ikhlas menerima keadaan yang tidak kita inginkan. Semua butuh proses. Dan nikmatilah sebuah proses yang terjadi dalam hidupmu. Sedikit demi sedikit, pasti bisa. Ambil hikmah dari setiap keadaan yang terjadi. Seperti masalah nilai tadi, secara tidak langsung kita disuruh untuk lebih giat lagi. Untuk lebih belajar maksimal. Dan untuk masalah melupakan tadi, kita disuruh untuk ikhlas menerima perasaan yang sejatinya diberikan oleh Allah. Tanamkan niatmu untuk selalu menerima keadaan hingga mengakar dalam hatimu. Jika kita terjebak dalam keadaan seperti itu –keadaan yang tidak kita harapkan– apa yang akan kita lakukan?
  • Tersenyumlah terhadap keadaan
  • Bisikkan hatimu, “ikhlas… ikhlas…ikhlas”
  • Ambil hikmah dari setiap keadaan
  • Ubah! Ubah keadaan itu sehingga akan terasa lebih menyenangkan
Tetap tersenyumlah kawan. Bagaimanapun keadaannya. 🙂
Semoga bermanfaat.
Posted On November, 3rd 2012.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s