Non Fiksi

Tamparan melalui Facebook

Pemandangan di Kleresede, Merapi, terlalu sayang jika dilewatkan tanpa mengabadikannya melalui foto-foto. Alhasil, aku dan teman-teman 2014 asyik berfoto sana-sini setelah berlelah-lelah mengikuti Latihan Kepemimpinan I (LK I) selama dua hari yang diadakan oleh Lembaga Dakwah Fakultasku yaitu Jama’ah Mahasiswa Muslim Biologi (JMMB) sekitar dua bulan yang lalu, tepatnya akhir Bulan November 2014, sebagai salah satu syarat diterima menjadi anggota JMMB.

Yaaa… (mungkin) seperti orang-orang pada umumnya, rasanya juga tak afdhol jika foto-foto itu tak kami unggah di akun media sosial kami masing-masing. Mulai dari profil picture LINE, whatsapp, hingga facebook, kami updateย dengan foto terbaru kami saat berada di Kleresede. Kami membiarkan wajah kami terpampang jelas, seolah mengizinkan siapapun memandangi foto-foto kami.

Beberapa hari kemudian, salah seorang temanku, Nisa, juga mengganti foto profil facebook-nya. Di dalam foto itu ada aku dan beberapa teman lain yang sedang berpose seceria mungkin. Ternyata ada komentar dari temanku, Fathma, yang juga berada di dalam foto tersebut. Aku agak lupa dengan isi komentarnya. Kurang lebih seperti ini:

Fathma: “Aduh, mukaku ._.”

Aku : “Cantik kok, Fath~”

Setelah aku menanggapi komentarnya, aku bergegas menandai setiap orang yang ada di foto itu, termasuk aku. Aku mau juga dong, eksis. ๐Ÿ˜€ Pikirku saat itu.

Hingga beberapa jam setelah itu, ada notifikasi dari orang terpenting di JMMB kepengurusan 1436 H saat itu, yaitu Sang Mas`ul atau Sang Ketua, memberi komentar foto profil Si Nisa tadi. Betapa tertohoknya aku saat membaca komentarnya.

PhotoGrid_1423036631661
Captured by Fathma M

Ya Allah, saking cintanya Mas Mas`ul (namanya bukan Mas`ul lho yaa. :D) kepada kami sampai-sampai berkata seperti itu. Antara malu dan merasa bersalah bercampur menjadi satu. Aku langsung mengabari Nisa untuk segera mengganti foto profilnya. But, no response from her.

Belum selesai mengatur nafas, berbagai komentar datang lagi dari kakak tingkat, Mbak Afira dan salah seorang teman cowok, Fikrie. Huuuuuuuft… malunya diri ini semakin menjadi-jadi.

Fikrie : Nah…setuju. (re: setuju komentarnya Mas Mas`ul) *sambil ngasih jempol*

Mbak Afira: Iya dek…lain kali foto pribadi diprivacy aja. Mbak juga belum lama kayak gitu kok…

Aku hanya membalas komentar itu dengan perkataan maaf dan terima kasih karena sudah diingatkan. Aaaah…malu banget pokoknya :(.

Setelah harap-harap cemas selama beberapa jam menunggu balasan dari Nisa, akhirnya ada pesan masuk darinya mengabarkan kalau foto profilnya sudah diganti.

Alhamdulillah, ternyata Allah masih sayang. Allah ‘menampar’-ku melalui facebook yang selama ini manusia kira ia sedikit manfaatnya. Bukan kebetulan kan, Allah menghadirkan orang-orang di atas?

Allah menegurku. Ternyata rasa ingin tampil cantik di masyarakat maya mulai tumbuh lagi di dalam diriku setelah semenjak SMA aku mulai menguranginya. Aku merenungi setiap kata yang Mas Mas`ul tuliskan sebagai teguran keras untukku.

Semenjak itu, aku mulai belajar lagi untuk tidak mengunggah foto di media sosial yang terlalu menampakkan wajah. Kalau aku ingin mengunggah foto, foto-fotonya harus diblur dulu supaya tidak nampak jelas. Ini juga sebagai sarana penjagaan untuk aku dan teman-temanku supaya terhindar dari zina mata. Mungkin banyak yang menganggap aneh atau apa. Akan tetapi, inilah bukti rasa sayangku terhadap diriku sendiri dan juga orang lain. ๐Ÿ™‚

Terima kasih Facebook, karena engkau tak melulu buruk. ๐Ÿ™‚

Boyolali, 4 Februari 2015

05:44 pm

(Tulisan untuk tantangan dari One Week One Paper memperingati Hari Lahir Facebook :D)

Advertisements

One thought on “Tamparan melalui Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s