Uncategorized

Aku Bisa Apa?

Danbo-lagi-galau-di-pinggir-jalan-555x370

Aku senang cukup melihatmu dari kejauhan. Melihatmu merubah orang-orang menjadi lebih baik, tentu atas izin-Nya.  Mungkin aku menjadi salah satunya. Dulu.

Aku tak mengerti apa yang ada pada dirimu, yang membuat kata-katamu dapat diterima olehku dan oleh mereka. Ya, meski aku merasakan sendiri, harus ada air mata yang aku teteskan. Pun aku melihat sendiri, mereka juga merasakan apa yang aku rasakan, dulu. Hebatnya, perubahan pasti muncul seiring berjalannya waktu. Allah telah memilihmu menjadi perantara-Nya. Mungkin.

Kau bahkan tak pernah menyangka, bahwa hampir separuh diriku sekarang merupakan hasil asahanmu, lagi-lagi atas izin-Nya. Kalau begitu, bagaimana aku bisa lupa? Dulu, aku sempat menyesalinya, karena seluruh tenaga kukerahkan untuk melupa. Tapi apa daya, semua itu percuma. Hanya rasa terima kasih yang selalu ingin kuucap setiap mengingat kebaikanmu. Meskipun, lidah ini kelu ketika bertemu. Kalaupun berhasil kuucap, kau pasti hanya menertawakanku. Ah, kapan kau akan mengerti?

Ingin rasanya, membantumu melakukan apa yang kau katakan sendiri. Melakukan sesuatu yang kau ajarkan kepadaku. Akan tetapi, aku tak mampu. Aku sadar, aku bukan siapa-siapamu. Aku hanya bayangan sampah masa lalumu. Semua perkataanku tak mungkin kau dengar. Apalagi, kau renungkan. Lalu aku bisa apa, kawan?

Berharap kau membaca tulisan ini? Tentu aku tak berharap. Aku menulis ini hanya sebagai suatu ungkapan perasaan yang lisanku tak mampu ucapkan.

Tenang. Jika orang-orang menganggapmu sebatas manusia yang tak bermakna, aku (masih) mengenalmu dengan baik, mungkin. Aku (masih) mengerti siapa dirimu yang sebenarnya, mungkin.

Sekali lagi, aku hanya bisa memandangmu dari kejauhan. Oh, tidak. Aku tidak bisa memandangmu. Bayanganmu pun tak dapat kulihat. Satu-satunya cara adalah dengan mendoakanmu. Iya, mendoakanmu.

May Allah always guides you all the way.

Boyolali, 13 Februari 2015

Di bawah langit mendung 08:15 am

Leave a Reply

