Uncategorized

Menyusun Benteng Pertahanan (lagi)

boneka-danbo-galau-2012

Ketika kita mengenali diri kita sendiri, maka kita akan segera menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres mulai menelusup di ruang hati kita.

Susah payah aku menyusun batu-bata untuk pertahanan yang kokoh selama hampir 4 tahun lamanya. Waktu yang tidak sebentar, bukan? Jatuh-bangun-jatuh-bangun-jatuh… hingga akhirnya aku memilih untuk tetap bangun dengan pertahanan yang kuat. Aku sudah mengerti rasanya berperang dengan keinginan sendiri. It is hurt. Itulah sebab banyak air mata yang menetes tak tertahankan selama menyusun pertahanan yang kuat. Yang tak mudah roboh oleh badai sekalipun.

Lalu, bagaimana perasaanmu jika ada seseorang yang (mungkin) tanpa sengaja ingin merobohkan benteng pertahananmu begitu saja? Seolah-olah ia tak berharga? Yang ternyata, ia (hampir) berhasil merobohkan benteng pertahananmu secara perlahan-lahan hingga hampir saja kau tak menyadarinya.

Aku tak bisa menyalahkan siapa pun kecuali diriku sendiri. Allah telah menakdirkan sesuatu pasti ada maksudnya. Aku tahu ini kesalahanku sehingga membuka celah orang lain untuk dengan mudah menghancurkan benteng pertahananku. Lalu, apa aku akan diam begitu saja? Tentu tidak. Aku tidak ingin terus menerus membiarkan keadaan yang membuat orang lain itu selalu mempunyai kesempatan untuk mencuri batu-bataku satu persatu.

Tunggu sebentar. Apa mungkin semua itu hanya ilusiku belaka? Bahwa sesungguhnya tak ada seorang pun yang benar-benar ingin menghancurkan benteng pertahananku? Atau hanya perasaanku saja? Ah, aku tak punya cukup waktu untuk memikirkan ini. Yang harus aku lakukan saat ini hanyalah kembali menyusun benteng pertahananku supaya kokoh kembali. Menambal batu-bata yang (mungkin) telah dicuri orang lain.

Ya, benar… aku harus menyusun benteng pertahananku (lagi).

Yogyakarta, 4 Maret 2015

3:16 pm

2 thoughts on “Menyusun Benteng Pertahanan (lagi)

Leave a Reply

