Uncategorized

JARAK

danbo_on_street_by_lee_sutil-d5ih03a

Jarak bagi sebagian orang adalah sesuatu yang membuat batin dan raga tersiksa. Pertanyaannya, apakah selamanya akan seperti itu? Tentu tidak. Bagiku jarak adalah sesuatu yang seringkali harus disyukuri keberadaannya. Bukan menyalah-nyalahkannya.

Aku senang ketika kita sama-sama telah berbalik arah. Memutuskan untuk menaruh jarak. Setidaknya aku tak lagi bersusah payah mengatur degup jantung saat bersitatap. Aku memang tak mau membiarkannya terlalu lama.

Entahlah. Aku tak tau apakah sebenarnya kau mengerti atau tidak mengenai ‘ini’. Yang kutahu, sekarang keadaannya telah berubah. Itu membuatku tenang dan… aman.

Oke, begini. Aku akui bahwa hadirnya jarak memang membuat batin tersiksa. Namun, kukira itu jauh lebih baik.

Aku menjadi pengikut kata-kata ini:

Jarak akan selalu baik ketika lisan belum terucap darinya,jarak akan menjadi teman setia bagi mereka yang memperjuangkan cinta-Nya, jarak akan membungkus rapi setiap rindu yang berserakan, jarak akan menjadi alasan kenapa hanya doa jalan satu-satunya untuk bertemu di suatu waktu, yang benar menurut-Nya, dimana jarak itu benar-benar sudah tak ada.

“Matahari tidak pernah meninggalkan bumi, pada jarak yang sama bertahun-tahun. Matahari dan bumi adalah dua hal yang memang berlainan. Terlalu dekat membuat keduanya akan saling meniadakan. Mungkin cukup seperti ini hubungan antara matahari dan bumi. Tidak untuk saling berdekatan, tetapi dengan jarak yang cukup aman untuk saling mencintai.” – Kurniawan Gunadi

Fattaya kemudian memejamkan matanya. Meresapi semua kata-kata yang terlintas di pikirannya. Membiarkan taburan bintang berbalik menatapnya. Deburan ombak nan syahdu semakin menenangkan batinnya bahwa semua akan baik-baik saja selama ia masih bersahabat dengan jarak.

Yogyakarta, 15 Maret 2015

6:46 pm

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s