Non Fiksi

Amanah: Beban atau Karunia?

komik-muslimah-211

Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah.

Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu, minta tolonglah kepada Allah, jangan engkau lemah. – HR. Muslim

Seringkali diri ingin bersegera bercerita kepada orang lain perihal berbagai masalah yang diri alami. Berharap mereka ‘kan berikan solusi. Diri selalu tergesa-gesa, padahal tergesa-gesa adalah godaan syaithan yang terkutuk. Seakan melupa bahwa ada Dzat yang paling pantas menerima segala keluh-kesah para hamba. Ya, Allah-lah seharusnya satu-satunya tempat mengadu, karena solusi-Nya pastilah yang terbaik.

Seringkali diri merasa bahwa semakin banyak amanah = semakin banyak beban atau sebagai suatu masalah. Seakan melupa bahwa di luar sana masih banyak orang-orang yang memiliki masalah yang lebih besar daripada masalah yang sedang kita hadapi. Kepala lebih sering mendongak ke atas daripada ke bawah. Sesungguhnya, jauuuuh lebih banyak hal yang harus disyukuri. Terkadang diri hanya perlu membersihkan ‘kacamata’ ini.

Tunggu, apakah amanah itu adalah sebenar-benar beban? Atau sebenar-benar karunia? Tidakkan diri ingin berprasangka baik bahwa amanah-amanah itu sesungguhnya adalah karunia dari Allah? Karunia  adalah dihindarkannya diri kita dari apa-apa yang buruk. Barangkali amanah-amanah yang diemban sesungguhnya adalah karunia yang Allah berikan. Sebagai cara Allah menghindarkan dari apa-apa yang sia-sia; yang tak ada manfaatnya. Bukankah ketika kita tidak disibukkan dengan kebaikan maka kita akan disibukkan dengan keburukan? MasyaAllaah.

Kata seseorang,Kalau kamu mikirnya hal ini sebagai amanah yang bakal ngeberatin kamu ya bakal ngebuat kamu takut. Akan tetapi, coba kalau dipikirinnya hal ini sebagai amanah yang bisa ngebuat kamu belajar buat ikhlas mesti ngejalaninnya ya ikhlas.”

Anyway, thanks a lot for this nice advice.

Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman. – QS. Ali ‘Imran: 139

Innallaaha ma’ana. Sesungguhnya Allah bersama kita.

Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.

 

Yogyakarta, 26 Februari 2016

Pukul 18:47 WIB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s