Uncategorized

Sesosok di Sudut Ruang

Orang-orang berhamburan keluar masjid menjadi pertanda bahwa shalat maghrib berjamaah telah usai dilakukan. Aku melangkah pelan menuju sebuah ruang besar yang menjadi tempat utama dilaksanakannya acara, kala itu. Orang-orang riuh ramai saling berbincang, beberapa ada yang menyantap makan malam, beberapa lainnya sedang asyik bersenda gurau. Sedangkan aku memilih untuk menghampiri kakak perempuan yang sedang menyantap makan malam dan bergurau dengan seorang anak kecil. Hingga seketika langkahku berhenti.

Di sudut ruang aku melihat seseorang memakai headset dan sedang asyik ‘berkomat-kamit’ tak jelas. Sedangkan matanya menatap tajam sebuah benda yang berada di tangannya. Rasa penasaranku memuncak hingga akhirnya aku sedikit mengarahkan telingaku ke arah seseorang itu, ingin mengetahui apa yang sedang dilakukannya. Lalu seketika hatiku pun dipenuhi tamparan keras. Ia tak sedang mendengarkan lagu pop, rock, ataupun dangdut. Namun… dia sedang menghafalkan Al-Quran. Aku menerka bahwa murrotal-lah yang sedang didengarkannya dan sebuah benda yang berada di tangannya adalah Al-Qur’an.

Di antara hiruk-pikuk manusia serta kebisingan akan sendau guraunya, masih ada sesosok yang memilih untuk berdiam diri demi menikmati waktu berdua dengan-Nya.

Secara fisik, ia nampak biasa saja; tak nampak keshalihan dimunculkannya. Ia pun pandai bergaul dengan siapa saja. Pun ia mudah dekat dengan siapa saja.

Sungguh, adalah salah jika kita menilai hanya berdasarkan fisik semata. Menghina yang tampak saja. Aku menarik napas, tamparan ini sudah cukup membuat bekas di dalam hati. Aku bersegera menyepikan diri, turut mengambil mushaf pink-ku dan tenggelam di dalamnya.

 

Yogyakarta, 10 Maret 2016

Pukul 18.09

Advertisements

3 thoughts on “Sesosok di Sudut Ruang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s