Non Fiksi

Belajar

images (7)

Dengan menyebut nama-Mu ya Allah.

Sayup huruf hijaiyah disuarakan lantang nan nyaring selalu menjadi penyambut hampir di setiap paginya. Nyatanya, memang tidak ada manusia yang sudah tidak butuh belajar. Sepandai apapun, masih ada yang lebih pandai. Sebenar apapun, masih ada yang perlu dibenarkan. Bukankah manusia ialah muaranya khilaf?

Semakin belajar, akan semakin terasa bodohnya, semakin terasa sok taunya. Hmm, jadi teringat saat kelas Ustadz Deden memaparkan bahwa salah satu sumber masalah di dunia ini adalah ketidaktahuan akal. Ya, benar. Seringkali kita sengaja enggan untuk belajar (ilmu agama) supaya kita tetap bebas melakukan segala sesuatu. Tunggu, bukankah aku, kamu, kita, dan kalian hidup di dunia yang ada Pengaturnya? Jelas saja sumber masalah salah satunya adalah ketidaktahuan akal. Kita saja diatur tidak mau, lalu bagaimana?

Jika hidup sebatas makan dan minum tanpa aturan, pun binatang melakukan hal yang sama. Karena Allah Maha Penyayang, sehingga Dia mengistimewakan kita, manusia, dengan akal dan naluri yang dipunya. Lantas, tergerakkah hati kita untuk bersegera menuntut ilmu (agama) di usia yang perlahan beranjak dari ranah remaja? Semoga tulisan ini semakin menamparku untuk terus tergerak dalam kobaran api semangat menuntut ilmu. Lihatlah Farah, di sekelilingmu sedang berlomba mencuri perhatian-Nya. Sudahkah hatimu ikut berlomba? Let’s MOVE UP!

Tidak ada kata telat untuk belajar. Selama nafas masih berhembus, belajar adalah salah satu cara untuk mensyukurinya.

Selamat belajar, Wahai Penuntut Ilmu. ☺

 

Yogyakarta, 25 Agustus 2016

Di rumah cahaya Asma Amanina

Pukul 7:17 WIB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s