Uncategorized

Cassava with Love and Sweet Potato Latte

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Saat aku mulai menulis, waktu menunjukkan pukul 23.02. Aku baru bisa duduk dengan tenang di depan laptop dan meja, bersiap untuk memulai belajar lagi untuk UAS besok pagi, setelah sebelumnya UAS juga; UAS memasak. πŸ™‚

Hari ini aku bisa pulang lebih cepat dari biasanya. Setelah dzuhur aku sudah di Asrama. Bersyukur tidak ada agenda apa-apa setelah UAS siang tadi, aku jadi bisa membantu persiapan UAS memasak untuk malam ini; bersama Halaqah Pikachu. UAS memasak malam ini berbahan utama SINGKONG. Yap, CASSAVA (bahasa kerennya).

whatsapp-image-2016-12-15-at-19-28-11

Bingung ingin membuat apa, akhirnya mulai dari merebus singkong sebanyak 1.5 kg, ditumbuk halus, kemudian dibentuk LOVE yang sebelumnya hanya ingin dibuat bulat saja, ingin menunjukkan bahwa kami membuatnya dengan cinta… Bukan hanya singkong rebus biasa, didalamnya diisi dengan potongan keju mozarella dan coklat. Kemudian dilumuri dengan tepung roti, lalu dilumuri coklat batang yang sudah dicairkan. Ditata sedemikian rupa cantiknya dengan tambahan hiasan buah strawberry dan taburan keju menambah indah rupanya; yang kemudian kami menamakannya “Cassava with Love” dan minuman dari ubi cilembu bernama “Sweet Potato Latte” Ya… Truly with Love. Sayangnya belum sempat difoto karena keburu dinilai. πŸ™‚

Melakukan apapun tentu harus ada maknanya… Saat ditanya filosofinya apa oleh pemandu asrama kami, dengan bersemangat kami menjawab,”Layaknya hidup ini, tidak selamanya manis, pasti ada asinnya seperti keju. Hidup tidak melulu halus, pasti ada kasarnya seperti tekstur makanan kami. Meski begitu, semua itu harus tetap dilumuri dengan kasih sayang ukhuwah seperti coklat dan dihadapi dengan ikhlas dan cinta seperti bentuk cassava kami.” πŸ™‚

Filosofi yang indah dan menguatkan diri ini.

Aku yakin aku tidak akan melakukan hal ini jika Allah tidak menakdirkan aku untuk menetap di Asma Amanina selama 2 tahun nanti; yaitu dengan gembira dan bersemangat memasak hingga pukul sekian.Β Ketika yang lain mulai merebahkan dirinya di kasur nan empuk itu, beberapa dari kami masih bergelut dengan PPT-PPT materi yang menanti dan besok pagi pukul 7.30 UAS Enzimologi menyambutku. Tenang… ada Allah. πŸ™‚

Persis seperti filosofi di atas, hidup tak selamanya mulus seperti yang kita harapkan. Ada saja hal yang sebenarnya tidak sesuai dengan keinginan kita. Namun, Allah sedang menguji keikhlasan… Allah sedang menempa… Aku yakin Allah selalu punya makna baik di setiap takdir yang Dia tetapkan, yang bisa jadi terpahamkan saat ini, besok, atau nanti. Cukup bersabar dan ikhlas… bersabar dan ikhlas dengan kesabaran dan keikhlasan terbaik… Tak mudah memang, tapi hati-hati ini perlu terus diingatkan dan dikuatkan. πŸ™‚

Sekarang aku memahami, hidup tak melulu soal akademik. Tak melulu soal angka IPK. Anak dan suamiku kelak tak hanya membutuhkan seorang istri dan ibu yang berprestasi, ada yang lebih penting dari itu. Yaitu kodrat perempuan yang pada dasarnya adalah sebagai istri dan ibu nantinya. Banyak skill yang perlu diasah. Banyaaaak sekali…. dan salah satunya adalah memasak. Anak dan suamiku kelak juga membutuhkan ibu dan istri yang pandai memasak, sehingga mereka tak perlu orang lain untuk memakan makanan enak. Membuat mereka betah di rumah dan menjadi salah satu jalan untuk mendirikan istana di syurga kelak. πŸ™‚

Ini bukan baper. Sungguh. Boleh kalau mau ada yang cie-ciein atau gimana, tapi aku hanya mengutarakan sesuatu yang mulai aku pikirkan dan perlu dipikirkan untuk para muslimah kesayangan. πŸ™‚

Terima kasih Halaqah Pikachu kesayangan: ‘Ammah Vika, Hana, Iim, Nina, Erin, Aini

dan seluruh keluarga besar kesayangan Asma Amanina VI. Aku menunggu hikmah-hikmah berikutnya. πŸ™‚

Tegar.

Hingga.

di Puncak.

Harapan.

 

Yogyakarta, 15 Desember 2016

Pukul 23:33

di Rumah Cahaya Asma Amanina

Leave a Reply

