Non Fiksi

Anak Pinak Kebaikan

Satu kebaikan berbuah ‘seribu’ kebaikan

Pada saat libur lebaran kemarin, saya menyaksikan seorang kakek sedang bernegosiasi dengan supir mobil pick up di lampu merah di kota Yogyakarta. Sang kakek nampak alot menjelaskan sembari menunjuk ke arah depan. Saya cukup paham dan menduga si kakek ingin menumpang.

“Dengan pakaian seperti itu dan bungkusan kain yang dibawa, kemungkinan sang supir tidak akan bersedia”, gumam saya dalam hati. Namun dugaan saya salah. Ternyata sang supir mempersilahkan sang kakek untuk naik ke bak belakang. Tak berapa lama kemudian sang kakek memanggil ke tepi jalan. “Mi.. Mi… Ayo sini. Sudah boleh sama mas-nya”.

Saya yang berada di mobil di belakang pick up tersebut menengok ke kiri tepi jalan. Terlihat seorang nenek yang menenteng tas. Beliau kesulitan untuk menyeberang karena kendaraan yang tidak ingin mengalah. Lampu merah keburu menjadi hijau. Saya terketuk untuk turun ke jalan dan membantu sang nenek. Nenek tersebut kemudian saya seberangkan dan saya hantarkan masuk ke mobil pick up di sebelah supir.

Saya kemudian melanjutkan perjalanan. Saya berhenti di sebuah toko dan memarkirkan mobil. Setelah selesai berbelanja saya masuk ke dalam mobil. Tak berapa lama seorang remaja mengetuk jendela mobil. Saya terkejut dan membuka jendela sembari was-was. “Ya mas ada apa”. “Ini pak, dompet bapak terjatuh”. “Ah terima kasih mas. Saya tidak sadar”. “Iya sama-sama pak. Hati-hati di jalan”.

Hari itu tiga kebaikan terpenuhi. Si supir pick up menolong kakek dan nenek. Saya terketuk menyeberangkan si nenek. Saya ditolong seorang remaja di sebuah toko. Mungkin setelah itu orang lain lagi menolong si mas dalam bentuk lain. Indahnya meneruskan kebaikan.

[Sumber: FB “Riza Putranto; sudah mendapat izin]

19800679_10213985271492063_3257983891079961075_o
Dokumentasi Riza Putranto

Apakah semua yang terjadi di atas adalah sebuah kebetulan? Jelas tidak! Daun yang berguguran saja tidak luput dari pengetahuan-Nya. Seperti yang telah Allah firmankan bahwa tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan pula. Heeei ini janji Allah, bukan main-main. Buktinya udah ada di depan mata. Bahwa tidak ada ketersiaan sedikitpun atas amal baik yang kita lakukan. Sesederhana mengambil duri di jalan. Sesederhana memberi senyum kepada saudara seiman. Tentu yang harus diluruskan disini adalah tentang niat. Sebaik-baik niat adalah mengharapkan ridha dan rahmat Allah SWT, balasan kebaikan hanyalah bonus lain yang telah Allah janjikan.

هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ   .(60)   فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ.(61) 

“Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula). Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” [Surah ar-Rahmaan :60-61]

Wait… Ternyata anak pinak amal baik tak hanya di dunia. Jika di dunia saja sudah begitu nikmat, apalagi di akhirat. Dalam tafsir Al-Munir Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, balasan bagi orang yang berbuat amal baik ketika di dunia tidak lain adalah kebaikan untuknya di akhirat. Kedua surga yang telah dijelaskan diperuntukkan bagi ahli iman dan amal saleh, sebagaimana firman Allah dalam ayat lain,
“Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (kenikmatan melihat Allah).”(Yuunus: 26)
MaasyaAllah. Dalam buku tafsir yang sama, dijelaskan bahwa nikmat-nikmat agung itu tidak bisa disetarakan dengan amal apapun karena semua nikmat agung sejatinya adalah semata-mata murni karunia dan kemurahan Allah, maka Allah SWT mengiringinya dengan ayat,
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” (ar-Rahmaan: 61)
Semangat berbuat amal shalih untuk kita semua!
Wallaahu a’lam bishshawab.
Yogyakarta, 9 Juli 2017
Pukul 22:48 WIB
Rumah Cahaya Asma Amanina
#30DWCJilid7 #Day4
Referensi: Az-Zuhaili, W. 2016. Tafsir Al-Munir Jilid 4 dan 14. Gema Insani Press, Yogyakarta.
4 thoughts on “Anak Pinak Kebaikan

Leave a Reply

