Non Fiksi

Tak Perlu Disamakan

“Farah nggak KKN?”

“KKN-lah. Tapi bukan sekarang. Hehe.”

“Desember ya?”

“Kayaknya enggak, tahun depan.”

“Desember aja, Faaar.”

Aku membalasnya dengan uluman senyum sederhana. Entah sudah yang ke berapa pertanyaan yang sama itu dimunculkan oleh adik tingkat, teman sendiri, dan kakak tingkat. Iya, aku memang melawan arus. Saat ini seluruh angkatan 2014 sedang ramai KKN di seluruh pelosok negeri, sedangkan hanya sebagian kecil -termasuk aku- yang menunda KKN hingga tahun depan. Ah, tentu bukan tanpa alasan. Ada alasan yang tak perlu aku ungkapkan di sini.

Sempat tergoda untuk KKN periode Desember nanti. Namun, aku merenung. Rupanya kuurungkan niat itu karena sesuatu hal yang kurasa memiliki prioritas yang lebih tinggi dari 3 SKS KKN. Saat penerjunan KKN teman-teman 2014 pertengahan bulan Juni lalu sempat baper; rupanya aku belum terbiasa untuk ‘melawan arus’.

***

Lagi, aku mencoba menjumput hikmah yang ada.

Aku semakin paham bahwa setiap orang memiliki skenario kehidupan masing-masing yang sama sekali tidak bisa disamakan. Setiap orang memiliki prinsip dan prioritas yang berbeda-beda sehingga tidak mungkin bisa disamakan ketika memilih suatu pilihan untuk melangkah. Terkadang orang memandangku aneh dengan beberapa pilihan yang aku ambil dalam menjalani kehidupan. Namun, aku selalu merasa tak perlu lah menyamakan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain. Manusia sama-sama dilahirkan di dunia, tetapi tujuan manusia hidup seringkali berbeda, bukan? Tujuan kehidupan itulah yang nantinya akan mengarahkan langkah kaki kita dalam menentukan berbagai pilihan.

Dan sebaik-baiknya tujuan kehidupan adalah ridho dan rahmat Allah SWT.

Semoga memang itu tujuan kita…sehingga kita selalu melibatkan Allah di dalam setiap pengambilan keputusan. 🙂

 


Yogyakarta, 26 Juli 2017

Pukul 23.51 WIB

Rumah Cahaya Asma Amanina

#30DWCJilid7 #Day22

Leave a Reply

