Uncategorized

Berharap kepada-Nya

Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah.

dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. [QS. Al-Insyirah: 8]

Alangkah indahnya berharap kepada-Mu, Ya Rabb… tak ada gundah dalam jiwa, tak ada sedih dalam rasa, tak ada kecewa dalam harap. Pun tak ada air mata saat apa yang terjadi tak sesuai dengan kehendak hati. Semua takdir yang dilewati terasa penuh ketenangan dan ketentraman yang luar biasa. Semua takdir yang dihadapi terasa penuh kelapangan dan keikhlasan. Inikah buah berharap pada-Mu, Ya Allah?

Bagaimana engkau ingin berhenti berharap hanya kepada-Nya jika Dia selalu berikan banyak hal tak terduga ketika kita gantungkan harap pada-Nya semata?

Seringkali kita ‘memaksa’ takdir untuk sehati dengan kehendak hati. Seringkali kita menyalahkan takdir jika ia tak sesuai dengan kemauan diri. Hei… bukankah hanya-lah Allah Sang Pemegang keputusan? Sekeras apapun usaha dan doa kita, namun Allah selalu mempunyai keputusan-Nya sendiri -yang tidak bisa diganggu gugat-. Apapun pilihan-Nya, itulah sebaik-baik pilihan.

Ketika Allah menjadi satu-satunya muara harap, maka kita takkan fokus pada hasil. Kita hanya akan fokus pada proses, karena pengharapan yang sempurna hanya kepada-Nya telah melahirkan keyakinan atas hasil. Keyakinan bahwa hasil atas ikhtiar kita adalah yang terbaik menurut-Nya. Maka, takkan ada kecewa saat hasil tak sesuai dengan keinginan diri. Takkan ada bahagia berlebihan saat hasil melebihi kemauan hati. Ikhlas. Begitulah ikhlas.

Terbesit sedikit saja rasa kecewa dalam hati sudah menjadi bukti bahwa diri ini tak sedang menggantungkan harap pada-Mu, Ya Allah. Dan… buah menggantungkan harap kepada selain-Mu adalah menyakitkan. Sungguh, menyakitkan.

Percayalah… ketika kita menggantungkan harap hanya kepada-Nya, Dia akan memberikan banyak kejutan tak terduga yang melebihi keinginan hati kita. InsyaAllah. 🙂

Allaahu a’lam.

Alhamdulillah alladzi bi ni’matihi tatimmus shalihat. Segala puji bagi Allah yang dengan kenikmatan-Nya menjadi sempurna segala amal shalih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s