Non Fiksi

Muzzammil :6

إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلًا

Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. (QS. Al-Muzzammil :6)

 

Menurut Az-zuhaili (2005), naasyi’ah yang dimaksud adalah shalat malam yang dilakukan setelah bangun tidur. Pada waktu ini suasana lebih cocok dan sesuai untuk kekhusyukan, ikhlas, dan sinkronnya antara hati dan lidah.  Ketenangan akan lebih banyak diperoleh daripada waktu-waktu yang lain. Ucapan lebih tepat dan bacaan Al-Qur’an lebih mantap disebabkan kehadiran hati pada saat itu. Bacaan (Al-Qur’an) di waktu itu lebih berkesan…. pernah mencoba? 🙂

Aku belum ngeh dengan arti ayat ini hingga akhirnya aku mensinkronkan pengalaman pribadi dengan arti ayat 6 ini. MasyaAllah. Memang benar adanya. Aku mengingat-ingat ternyata surat yang aku sedang hafalkan dan aku setorkan pada Allah saat shalat tahajjud adalah surat yang paling menempel di ingatan. Yap.. aku pernah bercerita di postingan sebelum-sebelumnya. Terkait proyek tahajjud bersama dengan imam bergantian (sebagai ikhtiar merutinkan shalat tahajjud dan menguatkan hafalan). Surat yang hampir sering aku setorkan saat menjadi imam, di kemudian hari tanpa murajaah banyak, masih ingat. Berbeda dengan surat yang tidak disetorkan saat menjadi imam shalat tahajjud, yang murajaahnya memerlukan usaha ekstra. MasyaAllah… silakan dicoba. InsyaAllah ketagihan.

Tiada tulisan yang tidak menjadi pengingat kuat bagi penulisnya. Ketika ada yang merasa tertampar-tampar, seharusnya penulisnya-lah yang merasakannya pertama kali.

Ayo (far) bersemangat, ikhtiar lagi supaya bisa rajin setoran hafalan ke Allah di setiap malam yang hening!

 

 

Yogyakarta, 9 November 2017

Pukul 23:35

Rumah Cahaya Asma Amanina

 


Referensi:

Az-zuhaili, W. 2005. Tafsir Al-Munir Jilid 15. Yogyakarta: Gema Insani Press; hlm. 203

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s